Sunday 11 November 2012

Materi Training/Workshop: Excellent CV and Application Letter

Materi Workshop: Excellent CV and Application Letter

Melalui training/pelatihan dan workshop ini anda akan dibantu untuk membuka wawasan mengenai CV dan Application Letter yang memenuhi standar sehingga memungkinkan anda untuk cepat mendapatkan panggilan dari perusahaan-perusahaan yang telah anda lamar, terutama jika anda telah melamar pada perusahaan-perusahaan besar yang bonafid dan mempunyai HRD yang modern dan permintaan atau kualifikasi yang tinggi.


  1. CV (Daftar Riwayat Hidup) dan Application Letter (Surat Lamaran Kerja) akan dikupas tuntas per individu, dan dirombak sehingga memenuhi standar kualifikasi untuk mencapai peluang 90% dipanggil test dan/atau interview. Pada hari itu juga peserta akan memiliki CV dan Surat Lamaran dengan format, bentuk, dan isi yang benar-benar beda.
  2. Peserta langsung praktek pada hari itu juga mempergunakan CV dan Surat Lamaran yang telah dirombak untuk melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan yang menayangkan iklan lowongan kerja di berbagai media papan atas, seperti: Jobsdb, Jobstreet, Jawa Pos, dan Kompas.
  3. Apabila belum memiliki e-mail dan/atau account di Jobsdb dan Jobstreet bisa langsung mendapatkannya pada hari itu juga
  4. Peserta akan ditunjukkan bagaimana cara melengkapi profile di Jobsdb dan Jobstreet agar menjadi orang yang sering dipanggil interview atau test di perusahaan yang dilamar maupun bisa juga tanpa melamar sudah dipanggil.
  5. Melihat fasilitas Jobstreet dan Jobsdb dari sisi HRD perusahaan yang dilamar, bagaimana cara kerja para HRD untuk menyeleksi para kandidat, bagaimana perusahaan mencari kandidatnya secara online

Banyak orang mengira bahwa CV dan Surat Lamaran adalah hal yang biasa-biasa saja dan remeh, semua orang bisa membuatnya. Padahal, jika kita teliti lebih lanjut, CV dan Surat Lamaran merupakan jembatan atau pintu gerbang pertama bagi pelamar kerja untuk mendapatkan peluang bertemu dengan pemasang lowongan pekerjaan. 

Jika belum apa-apa anda sudah tidak dipanggil, lalu apa yang bisa anda tunjukkan kepada HRD perusahaan tersebut? Kemampuan kerja, pengalaman, skill, keahlian, kepandaian anda tidak akan pernah tersampaikan karena anda tidak pernah dipanggil untuk test/interview pada perusahaan yang anda lamar dan ingin anda masuki.

Sementara anda tidak mungkin meninggalkan perusahaan tempat anda bekerja saat ini, sebelum mendapatkan pekerjaan yang baru... Tentunya hampir semua orang berpikiran seperti ini. Ada keluarga dan tanggungan yang rutin harus dibayar.

Oleh karena itu, anda sangat perlu mengikuti Workshop ini.

Jika anda tidak cepat bergerak, maka peluang/lowongan kerja cepat hilang, lalu anda akan terbuai/terkungkung lagi dengan pekerjaan yang sekarang dan tetap terus bekerja di tempat yang sama dengan penghasilan yang relatif sama segitu-gitu aja.

Memang untuk menembus menjadi pegawai di perusahaan lain tidak hanya mengandalkan CV dan Surat Lamaran, masih ada 3 (tiga) hal lain yang krusial yaitu Test Kemampuan dan Pengetahuan Kerja, Psikotest dan Interview. Namun tanpa CV dan Application yang Excellent, hampir mustahil seseorang bisa menempuh 3 tahap selanjutnya karena tidak mendapat kesempatan untuk mendemonstrasikannya.